Tahukah Anda ??? 
Biasanya makanan-makanan ini diberikan pada balita dibawah satu tahun, padahal berbahaya bagi si balita. Makanan apa sajakah itu, yuk simak

1. GARAM
Tubuh pada umumnya dapat memetabolisme apa yang kita makan. Metabolisme terhadap garam berkaitan dengan ginjal. Proses pencernaan / metabolisme pada ginjal bayi dibawah umur 1 tahun masih belum sempurna. Oleh karena itu tidak diperbolehkan (dihindari) bayi dibawah 1 tahun

2. MADU
Hampir semua orang tahu, madu ini sehat. Madu mengandung berbagai macam vitamin dan mineral untuk mendongkrak tumbuh kembang anak (stamina). Walaupun madunya murni dibawah 1 tahun sebaiknya tidak diberikan. Karena madu mengandung Clostridium Totulinum, yaitu suatu mikroba yang bisa mengakibatkan kekejangan pada saluran pencernaan bayi.

3. TEH
Biasanya saking bingungnya orang tua, setelah ASI lewat. Dalam artian ASI eksklusif sudah selesai biasanya ada makanan pendamping ASI. Ya namanya juga orang tua / anda yang menyayangi anak suka iseng, masa ASI - air putih, ASI - air putih ada teh coba dikasiin ke anak, coba dikit nak.
Teh mengandung unsur tanin, untuk orang dewasa aja jika Anda penderita anemia teh jangan dikonsumsi sambil makan (abis makan) karena dia menghalangi penyerapan zat besi (anemia) apalagi usia balita dan anak usia dibawah 2 tahun kebutuhan zat besi bisa 3-4x orang dewasa.

4. PUTIH TELUR
Memang telur merupakan sumber protein yang baik. Tapi pada putih telur proteinnya cukup identik untuk mencetuskan alergi. Dikhawatirkan anak-anak yang masih dibawah 2 tahun bahkan yang dibawah 1 tahun bakat alerginya belum kelihatan atau belum jelas, jadi hindari dulu sumber-sumber yang jelas-jelas dari makanan sumber alergi. Kalau kuning telur tidak masalah, karena kandungannya beda.

5. COKELAT
Cokelat tidak boleh untuk anak-anak, karena cokelat sama seperti teh. Karena mengandung suatu zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi, selain itu cokelat mengandung kafein.

Sumber : Dr OZ Indonesia episode sumber makanan berbahaya bagi bayi


1 comments :

  1. Idenya sangat inspiratif. Terima kasih dan salam kenal.
    Tolong kunjungi balik web saya http://audisimitrapengusaha.com

Post a Comment