Sebentar lagi bulan Februari 2019 sudah mau habis, 2 bulan sudah kita lewatkan di tahun 2019.



Bulan Februari yang kata orang bulan penuh cinta itu, Saya berlibur ke Jepang dengan suami dan teman saya, ceritanya bisa dibaca disini.

Biasa kalau habis pulang liburan yang sering ditanyakan teman, next mau liburan kemana lagi?

Resolusi Travelingku 2019


Masih ada 10 bulan di tahun 2019. Rasanya sayang untuk dilewatkan kalau tidak digunakan untuk traveling. Ada waktunya bekerja, ada waktunya berlibur. Ada waktu untuk mengumpulkan dan ada waktu untuk menikmati hasil. Bagiku traveling itu perlu, traveling itu seperti menyegarkan tubuh dan pikiran disela-sela kepadatan rutinitas. Bisa traveling itu juga merupakan anugerah dariNya.

Kali ini Saya ingin ke Ho Chi Minh City, kota yang dulunya bernama Saigon. Kota yang menurut sejarah bekas jajahan Perancis tentunya gaya bangunannya didominasi  bergaya klasik Perancis. Ke bekas jajahannya dulu saja siapa tahu nanti kalau ada rejeki lebih bisa ke Perancis. Itulah alasannya mengapa Saya ingin ke Ho Chi Minh City, kota terbesar di Vietnam.

Mau kemana saja di Ho Chi Minh City?

Basilika Notre Dame Cathedral
Yang paling ingin Saya kunjungi itu Basilika Notre Dame Cathedral, sebagai penganut Katolik biasanya Saya selalu memasukan Gereja sebagai tempat Saya melaksanakan ibadah sekaligus mengamati arsitektur bangunan Gereja. Waktu ke Jepang kemarin pun saya ke Katedral Kawaramachi. Bagiku beribadah disela-sela traveling merupakan wujud syukurku kepadaNya karena diberi kesempatan untuk traveling.


Saigon Central Post Office
Tak jauh dari Basilika Notre Dame Cathedral ada Saigon Central Post Office, ini kantor pos menurut informasi yang Saya baca katanya kantor pos terbesar di Asia Tenggara, jadi penasaran deh Saya, sebesar apa si kantor posnya???
Saigon Central Post Office dibangun oleh Gustave Eiffel yang merupakan arsitek terkenal perancang menara Eiffel. Luar biasa kan?
Kan bisa tuh setelah ibadah ke Saigon Central Post Office, sambil menyelam minum air.


Ho Chi Minh City People's Committee
Setelah dari Saigon Central Post Office rencananya Saya ingin ke Ho Chi Minh City People's Committee Building, letaknya tidak terlalu jauh jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki saja. Bangunan Ho Chi Minh City People's Committee tadinya hotel tapi kini dijadikan sebagai gedung Dewan Kota. Merupakan salah satu gedung tertua berarsitektur Perancis, sekarang menjadi salah satu icon di kota Ho Chi Minh City jadi Saya rasa perlu berswafoto didepan gedung ini.


Ben Thanh Market - tampak depan
Ben Thanh Market - tampak dalam
Ben Thanh Market juga perlu dikunjungi nih, tempat ini cocok untuk beli oleh-oleh untuk sanak saudara dan kerabat. Setelah puas belanja oleh-oleh wajib untuk isi perut di Ben Thanh Street Food Market sekalian wisata kuliner. Ben Thanh Market merupakan pasar tradisional terbesar di kota Ho Chi Minh City.

Basilika Notre Dame Cathedral, Saigon Central Post Office, Ho Chi Minh City Peope's Commitee Building, Ben Thanh Market itu semua ada di Distrik 1. Distrik 1 merupakan pusat kota Ho Chi Minh City.

Binh Tay Market Cholon juga punya daya tarik untuk Saya kunjungi karena letaknya berada di Chinatown. Daerah-daerah Chinatown identik dengan keramaian dan banyak yang berjualan disana. Seperti apa ya Chinatown di Ho Chi Minh City? Apakah seramai Chinatown si Singapura dan Chinatown di Malaysia yang pernah saya kunjungi?


Phap Vien Minh Dang Quang
Phap Vien Minh Dang Quang, disini ada Pagoda kalau lihat gambarnya di internet bagus-bagus jadi pengin kesana.

Dan terakhir Saya ingin mengunjungi Drink Vietnam, konon katanya orang-orang bilang kopi di Vietnam enak, Saya jadi pengin mencobanya.

Itulah List to do saat Saya berkunjung ke Ho Chi Minh City.

Tips traveling dari Saya

Pertama itu perlu buat perencanaan dulu, tujuannya kemana?

Cari teman, setidaknya selain jadi teman ngobrol selama perjalanan juga bisa dimintai bantuan untuk foto-foto, jadi bisa mengabadikan kenangan saat liburanmu.

Cari informasi sebanyak mungkin tentang tempat yang akan kamu kunjungi, seperti tempat wisata yang terkenal apa saja, transportasi yang digunakan, kuliner terkenal ada dimana saja dan tentunya jangan lupa cari tempat belanja oleh-oleh biasanya dimana

Perlu juga mengetahui kira-kira habis biaya berapa ya, jadi bisa menyiapkan keuangan untuk liburan kamu. Kalau kamu sudah tahu kisaran biaya yang dibutuhkan untuk liburanmu, andaikata kamu sudah beli tiket pesawat kamu harus hitung setiap bulan harus menabung berapa sampai dengan bulan keberangkatan kamu.

Berburu tiket pesawat, akhir-akhir ini banyak travel fair gitu. Nah biasanya Saya beli tiket pas nunggu promo. Selisih harganya juga lumayan lho dibandingakan kalau tidak ada promo, jadi bersabarlah nunggu tiket promo.

Cari tahu informasi saat kamu merencanakan liburan ditempat tujuan kamu sedang musim apa? Jadi kamu bisa mempersiapkan baju-baju yang akan kamu kenakan disana nantinya.

Untuk penginapan bagaimana? Kamu bisa pesan di RedDoorz, tidak perlu khawatir tentang kebersihan kamarnya, dijamin linen bersih, kamar mandi bersih, disediakan perlengkapan mandi dan air mineral pula lho, rata-rata penginapan di RedDoorz ada televisi satelit dan wifi gratis.

Selain itu pesan kamar di RedDoorz juga harganya terjangkau, dijamin nggak akan menguras kantong deh. Jadi nggak ada alasan lagi takut berlibur karena penginapan mahal.

Properti di RedDoorz tersebar di 23 kota di Indonesia, 5 kota di Filipina juga di Singapura dan Vietnam.

Dan terkahir jangan lupa sediakan dana tambahan saat kamu traveling, jadi bawa duitnya jangan ngepas takutnya seperti kejadian ketika Saya di Jepang kemarin, ketinggalan Shinkansen dan tiket JR Pass yang saya punya sudah tidak berlaku untuk keesokan harinya jadi harus beli tiket lagi.

Traveling menurutku itu,....

Seperti yang sudah Saya sebutkan diatas, bisa traveling itu merupakan anugerah dariNya.

Bagiku traveling bisa memberikan energi baru, menyegarkan tubuh dan pikiran juga.

Jadi menurutku traveling itu perlu, perlu direncanakan dan dipersiapkan hehe

Sekedar Sharing...

Bagaimana kalau pasangan kamu nggak suka traveling? Dia kalau libur lebih senang dirumah saja.

Nah menurut pandanganku ya pada umumnya orang suka traveling, tapi mungkin belum terbiasa aja atau mager (males gerak).

Suami saya awalnya dulu itu lebih sering dirumah ketika nggak ada kerjaan atau kegiatan. Awalnya ya Saya ajak dia ketempat yang dekat-dekat dulu. Lama-lama Dia jadi ketagihan.

Traveling juga menyehatkan tubuh, secara saat traveling kita akan lebih banyak jalan. Bayangkan waktu di Jepang bisa jalan 12 km dalam sehari, hal yang mustahil untuk saya lakukan di tempat tinggal Saya.

Banyak jalan kaki, itulah salah satu alasan Saya lebih senang berlibur di luar negeri. Kalau liburan di dalam negeri biasanya sewa motor soalnya, jalan kaki ya kalau sudah masuk tempat wisata saja. Tapi dihitung-hitung ya Saya lebih sering menghabiskan waktu berlibur di dalam negeri.

Traveling itu menyenangkan lho, cobalah traveling. Bagaimana kamu tahu kalau traveling itu menyenangkan tanpa kamu mencobanya. Ayo traveling !!! Selagi badan kamu masih sehat, ayo traveling !!! 

14 comments :

  1. waaaahhhhh..... ga ngira destinasi wisata vietnam menarik jg.... jd pingin.... yuk set tanggal.... hehe

  1. Ntar lihat kalender cari tanggal yg kejepit biar cutinya dikit hehe

  1. Cici satu tujuannya tapi mantep ya ci.. Kalo aku pengen ke sana pengen ke situ.. Hahahaa... Aku juga penasaran pengen ke vietnam ci.. Tp kegnya msh pengen ke Myanmar dlu... Kalo ada rejeki.. Hehehee... Moga terkabul ya ci. Amin.

  1. Amin, semoga keinginan kamu juga terkabul jg Mel

  1. Hua Hua cc mantul banget ini Ho Chi Minh City, aku kemana dong? wkwkkw. Mudah2an resolusi kita terwujud ya ci

  1. Amiiinn semoga resolusi kita terwujud Met

  1. wah semoga tercapai ya ci.. ku jg pengen berlibur yg domestik dan luar,. yeayy.... amen moga terlaksana..
    wish u luck ci..

  1. Amin smoga rencana liburan bisa terwujud. Mumpung masih kuat jalan-jalan ya berkelilinglah lihat dunia luar

  1. apa daya ku yang baru berlibur ke Singapore doank... wkwkwk

  1. Asetnya lbh banyak gpp. Nanti kumpulin lg o buat libuaran nunggu si kecil besar

  1. Ho Chi Minh City, sungguh betapa indahnya. Jadi ingin kesana. Semoga saja bisa terwujud.

  1. Pasti bisa kesana suatu saat nanti

  1. Waahh jadi kepingin juga ke Ho Chi Minh City Cuma sayang Dompetnya jauh yaa cuma bisa berandai-andai..😄😄

  1. apalagi kemarin Saya abis nonton film My Stupid Boss 2 ada syuting di Hanoi jadi tambah pengin kesana. Nabung sedikit demi sedikit dulu biar impian bisa jadi kenyataan

Post a Comment